PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MATIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN
Abstract
Abstrak
Matematika bermanfaat untuk melatih kemampuan berpikir logis dan terstruktur dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, matematika juga berpengaruh dalam membantu mengambil keputusan berdasarkan perhitungan dan data yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada pengaruh penggunaan aplikasi matific terhadap hasil belajar matematika peserta didik autis pada materi penjumlahan di LabSchool Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan SLB Autis Harapan Bangsa. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one-group pretest dan posttest dengan subjek penelitian berjumlah 8 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis. Teknik anaisis data menggunakan uji statistik non-parametrik wilcoxon signed-rank test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan Asymp.Sig (2-tailed) 0.011 lebih kecil dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan penggunaan aplikasi matific berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik autis. Implikasi hasil penelitian ini yaitu aplikasi matific pembelajaran efektif, menyenangkan, dan relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika peserta didik autis. Penggunaan aplikasi matific terbukti mampu meningkatkan hasil belajar matematika yang sangat penting untuk memahami simbol dan bilangan serta mencapai keberhasilan akademik dan non-akademik.
Kata kunci : matific, matematika, penjumlahan, autis.
Abstract
Mathematics is beneficial for developing logical and structured thinking skills in everyday life. In addition, mathematics plays a significant role in supporting decision-making based on accurate calculations and data. This study aims to examine the effect of using the Matific application on the mathematics learning outcomes of students with Autism Spectrum Disorder (ASD) in the topic of addition at the LabSchool of Universitas Negeri Surabaya (UNESA) and Harapan Bangsa Special School for Autism. The research employed a quantitative approach with a pre-experimental method. The design used was a one-group pretest-posttest with 8 student participants. The instrument used was a written test. Data were analyzed using the non-parametric Wilcoxon signed-rank test with a significance level of 0.05. The results showed an Asymp. Sig (2-tailed) value of 0.011, which is less than 0.05, indicating that the use of the Matific application significantly affects the mathematics learning outcomes of students with autism. The implication of this study is that Matific is an effective, enjoyable, and relevant tool for teaching mathematics to students with autism. Its use has proven to improve mathematical learning outcomes, which are essential for understanding symbols and numbers and for achieving both academic and non-academic success.
Keywords: matific, mathematics, addition, autism.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

