PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERPIKIR LOGIS PRE REQUISITE MEMBACA PADA ANAK KESULITAN BELAJAR DENGAN METODE MULTISENSORI

Authors

  • dilalita cahaya Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Kurrotun Ainin

Abstract

Kemampuan kognitif dalam pre requisite membaca pada anak merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan membaca anak khususnya bagi anak kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif berpikir logis pre requisite membaca pada anak yang mengalami kesulitan belajar melalui penerapan metode multisensori. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre eksperimental berupa one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas 1 dengan kesulitan belajar pada jenjang sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui tes lisan dan tulisan, lalu dianalisis menggunakan uji Wilcoxon melalui SPSS 26. Hasil rata-rata pretest menunjukkan nilai 53,54 dan meningkat menjadi 82,91 pada posttest setelah enam kali intervensi. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,027 ≤ 0,05 menunjukkan peningkatan signifikan. Dengan demikian, metode multisensori dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang aplikatif bagi anak dengan kesulitan belajar dalam mengembangkan kesiapan membaca secara kognitif.

Kata Kunci: metode multisensori, kemampuan berpikir logis, kesulitan belajar

Cognitive abilities in reading prerequisites are essential for children’s reading development, especially for those with learning difficulties. This study aims to determine the improvement of cognitive logical thinking skills in reading prerequisites among children with learning difficulties through the application of the multisensory method. The research used a quantitative approach with a pre-experimental design in the form of a one-group pretest-posttest design. The subjects were six first-grade elementary school students identified as having learning difficulties. Data were collected through oral and written tests and analyzed using the Wilcoxon test in SPSS 26. The average pretest score was 53.54, which increased to 82.91 in the posttest after six intervention sessions. The Asymp. Sig. (2-tailed) value of 0.027 ≤ 0.05 indicated a significant improvement. Therefore, the multisensory method can serve as an effective alternative instructional strategy to support children with learning difficulties in developing cognitive readiness for reading.

Keywords: multisensory method, logical thinking skills, learning difficulties.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-10
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0