PENGARUH METODE PERMAINAN CROSSWORD PUZZLE DIGITAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA TUNARUNGU

Authors

  • Syahrul Adi Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Danis Ade Dwirisnanda

Abstract

Abstrak

Bahasa Inggris penting bagi siswa tunarungu dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Penguasaan kosakata bahasa Inggris bermanfaat bagi siswa tunarungu sebagai bekal untuk memahami perintah guru, menyampaikan ide, membaca teks sederhana, serta menunjang komunikasi tertulis dalam kegiatan belajar. Siswa tunarungu memiliki hambatan dalam memahami dan mengingat kosakata karena keterbatasan auditori dan kurangnya media pembelajaran visual yang menarik. Sehubungan dengan hambatan tersebut, diperlukan metode pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan karakteristik visual siswa tunarungu. Salah satu media yang dapat digunakan adalah permainan crossword puzzle digital yang bersifat interaktif, visual, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode permainan crossword puzzle digital terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa tunarungu kelas VII di SMPLB Karya Mulia Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda dan analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon melalui SPSS versi 26. Perbedaan penguasaan kosakata dapat dilihat melalui hasil nilai rata-rata pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest sebesar 45 meningkat menjadi 95 setelah diterapkan metode permainan crossword puzzle digital. Selanjutnya, hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,026 ≤ 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu sebelum dan sesudah diterapkan metode permainan crossword puzzle digital pada pembelajaran di SMPLB Karya Mulia Surabaya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode crossword puzzle digital berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu.

Kata Kunci: tunarungu, kosakata, bahasa Inggris, crossword puzzle, media  digital

Abstract

English is important for deaf students in both education and daily life. Mastery of English vocabulary benefits deaf students by enabling them to understand teachers’ instructions, express ideas, read simple texts, and support written communication in academic settings. However, due to auditory limitations and the lack of engaging visual media, deaf students often experience difficulties in comprehending and retaining vocabulary. In light of these challenges, an instructional method that is both visually oriented and engaging is required. One potential approach is the use of digital crossword puzzle games, which offer an interactive and enjoyable learning experience tailored to the visual learning needs of deaf students. This study aims to examine the effect of digital crossword puzzle games on the English vocabulary mastery of deaf students. The participants consisted of six seventh-grade deaf students from SMPLB Karya Mulia Surabaya. The study utilized a quantitative approach with a pre-experimental design, employing a one-group pretest-posttest model. Data were collected using a multiple-choice vocabulary test and analyzed using the Wilcoxon Signed Rank Test with SPSS version 26. The difference in vocabulary mastery was observed through the improvement in average scores from 45 in the pretest to 95 in the posttest. Furthermore, the statistical analysis showed an Asymp. Sig. (2-tailed) value of 0.026 ≤ 0.05. These findings indicate a significant difference in vocabulary mastery before and after the application of the digital crossword puzzle game in English instruction for deaf students at SMPLB Karya Mulia Surabaya. Thus, it can be concluded that the digital crossword puzzle method has an effect on the English vocabulary acquisition of deaf students.

Keywords: deaf, vocabulary, English, crossword puzzle, digital media

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-18
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 12