PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SANDPAPER LETTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Abstrak
Mengenal huruf menjadi tahap awal dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis. Pada
siswa tunagrahita ringan, proses ini membutuhkan pendekatan berbasis pengalaman konkret. Sandpaper letter
menjadi salah satu media konkret yang mendukung siswa tunagrahita ringan dalam mengenal huruf karena
menggabungkan pengalaman visual, auditori dan taktil. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh
penggunaan media sandpaper letter terhadap kemampuan mengenal huruf bagi siswa tunagrahita ringan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan desain one group pretest
posttest. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Gedangan. Teknik analisis
data yang digunakan adalah statistik non parametrik rumus uji tanda (sign test), untuk mengetahui perbedaan
antara nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi Exact Sig. (2 tailed) sebesar
0,031, yang membuktikan adanya pengaruh signifikan penggunaan media sandpaper letter terhadap
kemampuan mengenal huruf. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa media sandpaper letter dapat
memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan siswa tunagrahita ringan dalam mengenal huruf. Implikasi
dari hasil penelitian ini adalah sandpaper letter sebagai alternatif media pembelajaran yang bersifat konkret,
membantu siswa tunagrahita ringan dalam mengenal huruf dan mendukung keterlibatan aktif siswa
tunagrahita ringan dalam proses belajar.
Kata Kunci: Sandpaper letter, tunagrahita ringan, mengenal huruf
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 53
,
PDF Downloads: 89