PENGEMBANGAN PANDUAN PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS POSTER BERBASIS FLIPBOOK BAGI DISABILITAS CEREBRAL PALSY

Authors

  • Stefi Maria Yovelita Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah

Abstract

Abstrak

Pembelajaran desain grafis bermanfaat untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan visual, estetika, dan keterampilan teknis dalam menyampaikan pesan secara efektif. Namun, peserta didik cerebral palsy mengalami hambatan motorik dan kognitis yang menyebabkan kesulitan dalam mengikuti pembelajaran, terlebih lagi karena keterbatasan media pembelajaran yang tersedia dan kurangnya pendekatan yang sesuai.. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa flipbook digital sebagai panduan membuat poster yang layak digunakan dalam pembelajaran desain grafis bagi peserta didik cerebral palsy. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang dibatasi sampai tahap pengembangan, serta pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui perhitungan presentase kelayakan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media flipbook yang dikembangkan menunjukkan presentase kevalidan sebesar 75% dari ahli media, 86,25% dari ahli materi, dan 97,5% dari praktisi, yang seluruhnya masuk dalam kategori sangat layak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media flipbook canva layak digunakan untuk mendukung pembelajaran desain grafis secara lebih visual, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik cerebral palsy. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan alternatif media yang ramah disabilitas untuk meningkatkan pemahaman konsep desain grafis, partisipasi aktif, dan kreativitas peserta didik.

Kata kunci: cerebral palsy, flipbook, desain grafis, poster

Abstract

Graphic design learning is useful for helping students develop visual, aesthetic, and technical skills in conveying messages effectively. However, cerebral palsy students experience motor and cognitive impairments that cause difficulties in following the learning process, especially due to the limited learning media available and the lack of appropriate approaches. This study aims to develop learning media in the form of a digital flipbook as a guide to making posters that are suitable for use in graphic design learning for cerebral palsy students. This study uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model which is limited to the development stage, as well as a quantitative descriptive approach. The data collection technique was carried out through a validation questionnaire by media experts, material experts, and practitioners. The data analysis technique used descriptive statistical analysis through the calculation of the feasibility percentage. The validation results showed that the developed flipbook media showed a validity percentage of 75% from media experts, 86.25% from material experts, and 97.5% from practitioners, all of which were included in the very feasible category. The results of this study indicate that the Canva flipbook media is suitable for use to support graphic design learning in a more visual, interactive, and appropriate manner to the needs of cerebral palsy students. The implication of this research is to provide alternative disability-friendly media to improve students' understanding of graphic design concepts, active participation, and creativity.

 

Keywords: cerebral palsy, flipbook, graphic design, poster

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-27
Abstract views: 44 , PDF Downloads: 52