PENGARUH PENERAPAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMAHAMAN INSTRUKSI SEDERHANA PADA ANAK AUTIS
Abstract
Pemahaman instruksi sederhana memiliki manfaat diantaranya meningkatkan kemandirian, kemampuan bersoisialisasi dan pengembangan keterampilan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan media video animasi terhadap pemahaman instruksi sederhana pada anak autis. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, dengan menggunakan tes perbuatan dan sampel 6 anak dengan diagnosa autisme tingkat ringan hingga sedang yang bersekolah di SLB Hardika Bakti Peterongan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik wilcoxon matched pairs test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,026 ≤ 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penerapan video animasi mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman instruksi sederhana pada anak autis. Implikasi hasil penelitian yaitu untuk menstimulasi fokus visual dan auditory anak dalam pemahaman instruksi dan memudahkan anak mengikuti alur pembelajaran secara berurutan sesuai media video animasi yang digunakan.
Kata Kunci: video animasi,pemahaman instruksi sederhana, autis
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 46
,
PDF Downloads: 45