PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK HEWAN DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DISABILITAS AUTIS

Authors

  • Intan Tri Ardani Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti

Abstract

Kemampuan membaca memberikan manfaat dalam mendukung perkembangan kognitif, bahasa,
dan keberhasilan akademik. Peserta didik autis memiliki gaya belajar visual dan lebih mudah
memahami materi pembelajaran yang disajikan secara konkret. Media yang mampu memfasilitasi
kebutuhan tersebut adalah pop-up book hewan digital. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh
penggunaan media pop-up book hewan digital terhadap kemampuan membaca anak autis. Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental menggunakan desain one
group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari tujuh peserta didik autis di SD Al-Islam Plus Krian.
Instrumen yang digunakan adalah tes kinerja, data dianalisis menggunakan uji wilcoxon match pair test.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca, diperoleh
hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0,016 < 0,05, menurut hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penerapan media pop-up book hewan digital terhadap kemampuan membaca peserta didik
autis. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pop-up book hewan digital dapat menjadi
alternatif media pembelajaran yang efektif, meningkatkan fokus dan pemahaman anak autis terhadap isi
bacaan.
Kata kunci : Pop-up book digital, autis, kemampuan membaca

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-27
Abstract views: 29 , PDF Downloads: 67