PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERMEDIA GAMIFIKASI PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERBELANJA BAGI PESERTA DIDIK DISABILITAS INTELEKTUAL

Authors

  • Zakiya Nuggrahaeni Jawa Timur
  • Acep Ovel Novari Beny Acep Ovel Novari Beny

Abstract

Abstrak
Kemampuan berbelanja bagi peserta didik disabilitas intelektual bermanfaat untuk membangun
kemandirian, kemampuan adaptif, dan partisipasi sosial peserta didik disabilitas intelektual di
kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode role playing
berbasis gamifikasi pada pembelajaran pengembangan diri terhadap kemampuan berbelanja bagi
peserta didik disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one grup pre-test-post-test desaign.
Subjek dalam penelitian berjumlah tujuh peserta didik disabilitas intelektual di SLB Harmoni. Teknik
pengumpulan data berupa tes perbuatan yang kemudian dianalisis melalui uji wilcoxon match pair test.
Hasil penelitian diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < α dengan nilai 0,017 < 0,05 sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan metode role playing bermedia gamifikasi
terhadap kemampuan berbelanja pada pembelajaran pengembangan diri bagi peserta didik disabilitas
intelektual di SLB Harmoni. Implikasi penelitian yaitu metode role playing dengan media gamifikasi
dapat meningkatkan kemampuan berbelanja peserta didik disabilitas intelektual secara signifikan.
Penerapan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dapat meningkatkan keterlibatan,
pemahaman materi, dan keterampilan fungsional peserta didik disabilitas intelektual dalam kehidupan
sehari-hari.
Kata Kunci : role playing, gamifikasi, berbelanja, disabilitas intelektual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-29
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 7