PENGARUH KARYA SENI KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI JOMBANG
Abstract
Abstrak
Kemampuan mengenal warna bermanfaat dalam proses belajar peserta didik khususnya pada aspek perkembangan kognitif dan memudahkan dalam kegiatan sehari-hari peserta didik, kemampuan mengenal warna membantu memperkuat kemampuan visual-spasial seperti mengenali dan menyebutkan nama-nama warna. Peserta didik tunagrahita ringan mengalami hambatan dalam kemampuan mengenal warna karena tingkat intelektual di bawah rata-rata dan kesulitan berpikir abstrak. Pembelajaran kemampuan mengenal warna memerlukan media media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar dan menarik bagi peserta didik tunagrahita ringan, salah satunya karya seni kolase. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh karya seni kolase pada kemampuan mengenal warna bagi peserta didik tunagrahita ringan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-experimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes perbuatan dengan instrumen pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik wilcoxon signed rank test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,026 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dinyatakan karya seni kolase berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengenal warna peserta didik tunagrahita ringan. Implikasi penelitian ini yaitu karya seni kolase dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna, meningkatkan aspek kognitif, memudahkan dalam sarana pemecahan masalah, meningkatkan memori atau daya ingat, memudahkan kegiatan sehari-hari dan meningkatkan kemandirian peserta didik tunagrahita ringan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

