The Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Tunarungu Di Kelas VI SDLB

Authors

  • Rosa Nadifatur Rahmah UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Danis ade Dwirisnanda

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik tunarungu dalam pembelajaran IPAS menjadi latar belakang perlunya inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik visual mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo dengan subjek sebanyak enam peserta didik tunarungu kelas VI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa pretest dan posttest. Instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda berbasis Wordwall yang disusun berdasarkan pencapaian pembelajaran IPAS. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test karena jumlah subjek kurang dari sepuluh dan tidak memenuhi asumsi parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik meningkat dari 63,33 (pretest) menjadi 91,67 (posttest). Hasil uji Wilcoxon diperoleh Z hitung sebesar 3,56 lebih besar dari Z tabel 1,96, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media Wordwall terhadap peningkatan hasil belajar IPAS. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media Wordwall berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu, disarankan agar guru mengintegrasikan media Wordwall dalam pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi aktif, pemahaman konsep, dan literasi sains peserta didik tunarungu.

Kata Kunci: Wordwall, IPAS, tunarungu, hasil belajar, media visual.

 

Abstrak

Rendahnya hasil belajar siswa tunarungu dalam pembelajaran IPAS melatarbelakangi perlunya inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik visualnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar IPS pada siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Tunarungu Dharma Wanita Sidoarjo dengan subjek penelitian siswa tunarungu kelas VI sebanyak enam orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa pretest dan posttest. Instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda berbasis Wordwall yang disusun berdasarkan hasil belajar IPS. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test karena jumlah subjek kurang dari sepuluh dan tidak memenuhi asumsi parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari 63,33 (pretest) menjadi 91,67 (posttest). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Z hitung sebesar 3,56 lebih besar daripada Z pada tabel 1,96, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Wordwall terhadap peningkatan hasil belajar IPS. Kesimpulan penelitian ini adalah media Wordwall berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar. Oleh karena itu, disarankan agar guru mengintegrasikan media Wordwall dalam pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi aktif, pemahaman konsep, dan literasi sains siswa tunarungu.

Kata kunci: Wordwall, IPAS, tuna rungu, hasil belajar, media visual.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-05
Abstract views: 12 , PDF Downloads: 7