PENGARUH METODE SUKU KATA TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA TUNARUNGU
Abstract
Abstrak
Keterampilan membaca adalah fondasi dalam keberhasilan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh metode suku kata terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan pada
siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Cerme, Gresik. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dalam jenis one group pretest-posttest design yang
melibatkan tujuh siswa tunarungu kelas II dan III. Instrumen yang digunakan berupa tes lisan. Analisis data
menggunakan statistik non parametrik jenis uji tanda (sign test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari metode suku terhadap peningkatan keterampilan membaca
permulaan pada siswa tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa, Cerme, Gresik. Implikasi dari penelitian
yaitu pembelajaran keterampilan membaca melalui suku kata mampu meningkatkan kemampuan bicara dan
bahasa pada suatu komunikasi tunarungu.
Kata Kunci: Metode Suku kata, Keterampilan Membaca, Membaca Permulaan, Tunarungu
Abstract
Reading skills is the foundation in a students academic success. This study aims to determine the influence
of the syllabic method on improving early reading skills in deaf students at Special Elementary Schools
(SDLB), Cerme, Gresik. This study uses a quantitative approach with a pre-experimental design kind the
one group pretest-posttest design which involves seven deaf student class II and III. The instrument used as
a verbal test. Data analysis using non-parametric statistics of kind the sign test. The results of this study
indicate a significant influence of the syllabic method on improving early reading skills in deaf students at
Special Elementary School Cerme, Gresik. The implication of the research is that learning reading skills
through syllables can improve speech and language skills in deaf communication.
Keywords: Syllabic Method, Reading Skills, early Reading, Deaf
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 33
,
PDF Downloads: 58