PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MARBEL HURUF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB TUNAS KASIH SURABAYA
Abstract
Kemampuan mengenal huruf penting sebagai keterampilan dasar bagi siswa tunagrahita sedang untuk mendukung perkembangan literasi dan kesiapan mereka dalam membaca serta menulis. Siswa tunagrahita sedang sering mengalami kesulitan membedakan bentuk huruf dan mengingatnya secara konsisten, sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan aplikasi Marbel Huruf terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf pada siswa tunagrahita sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen dan desain one-group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui tes lisan dan tes perbuatan yang dilaksanakan pada dua fase: pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji tanda (Sign Test), yang menunjukkan nilai Exact Sig. (2-tailed) sebesar 0,031 lebih kecil dari 0,05 (0,031 < 0,05), sehingga Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan aplikasi Marbel Huruf terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf siswa tunagrahita sedang. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Marbel Huruf efektif digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterampilan keaksaraan dasar siswa. Implikasi hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menyenangkan, mudah diakses, dan membantu siswa lebih fokus selama proses belajar.
Kata Kunci: Aplikasi Marbel Huruf, Mengenal Huruf, Tunagrahita Sedang.
Abstract
The ability to recognize letters is a crucial basic skill for students with moderate intellectual disabilities, supporting their literacy development and readiness in reading and writing. Students with moderate intellectual disabilities often have difficulty distinguishing letter shapes and remembering them consistently, so interesting and interactive learning media are needed. This study aims to prove the effect of using the Marbel Huruf application on improving the ability to recognize letters in students with moderate intellectual disabilities. This study uses a quantitative approach with a pre-experimental research type and a one-group pretest-posttest design. Data were collected through oral tests and performance tests carried out in two phases: pretest and posttest. Data were analyzed using a sign test, which showed an Exact Sig. (2-tailed) value of 0.031 smaller than 0.05 (0.031 < 0.05), so Hₐ is accepted and H₀ is rejected. The results of the study indicate a positive effect of using the Marbel Huruf application on improving the ability to recognize letters in students with moderate intellectual disabilities. It can be concluded that the Marbel Huruf application is effective as an interactive learning media to improve students' basic literacy skills. The implications of the research results show that this media can be an alternative learning method that is fun, easy to access, and helps students focus more during the learning process.
Keywords: Marbel letter application, recognizing letters, moderately mentally retarded.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 41
,
PDF Downloads: 44