PENGARUH PENERAPAN TAHAPAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL WORKSHEETS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Menulis tidak hanya menjadi media dalam berkomunikasi, namun juga menjadi wadah dalam
mengembangkan kemampuan berpikir, mengekspresikan diri, dan berpartisipasi dalam kehidupan sosial.
Upaya meningkatkan kemampuan menulis huruf peserta didik tunagrahita ringan sangat penting karena
keterampilan motorik halus berpengaruh pada kesiapan belajar dan kemandirian anak. Hasil observasi di
SDLB-C AKW Kumara II Surabaya menunjukkan rendahnya kemampuan menulis huruf siswa tunagrahita
ringan kelas satu. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh tahapan menulis permulaan menggunakan
media visual worksheets terhadap kemampuan menulis huruf. Metode yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pre-test dan post-test. Data dikumpulkan melalui tes
tulis dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon melalui SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan adanya
pengaruh positif dan signifikan dari penerapan tahapan menulis permulaan dengan media visual worksheets
terhadap peningkatan kemampuan menulis huruf siswa tunagrahita ringan. Implikasi temuan penelitian ini
adalah tahapan menulis permulaan dengan media visual worksheets dapat meningkatkan kemampuan
menulis huruf siswa tunagrahita ringan, prediktor kemampuan literasi, memprediksi perkembangan,
pemahaman dan ejaan, memperkuat hubungan antara pengetahuan huruf / fonologi, meningkatkan kualitas
lingkungan menulis di kelas dan hasil belajar anak tunagrahita, meningkatkan keterlibatan & fokus siswa,
mempermudah pemhaamn instruksi, mendukung siswa disabilitas intelektual dan meningkatkan retansi
memori dan hasil belajar disabilitas intelektual.
Kata kunci: kemampuan menulis, media visual worksheets, tunagrahita ringan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 28
,
PDF Downloads: 29