PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN LEMBAGA KEUANGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERMEDIA REALIA BAGI SISWA TUNANETRA

  • HERI SUTRISNO

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini muncul karena dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa tunanetra kelas XI SLB Negeri Pandaan dalam mendiskripsikan lembaga keuangan, hal ini juga dsebabkan oleh media yang kurang mendukung dan guru dalam menyampaikan materi hanya melalui ceramah saja serta model pembelajaran yang monoton serta kurang mengaktifkan siswa sehingga siswa merasa bosan dan pada akhirnya siswa tidak memperhatikan penjelasan guru.
Permasalahan pokok yang diteliti dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan mendiskripsikan lembaga keuangan. Tujuan penelitian ini adalah Menerapkan model pembelajaran think pair share pada pembelajaran dengan materi lembaga keuangan bagi siswa tunanetra kelas XI SLB Negeri Pandaan. Mengetahui peningkatan kemampuan mendiskripsikan lembaga keuangan bagi siswa tunanetra kelas XI SLB Negeri pandaan Pandaan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus hal ini dikarenakan hasil siklus I masih di bawah indikator minimal maka dilanjutkan ke siklus II. Model pembelajaran think pair share dapat diterapkan dalam pelajaran IPS dengan materi lembaga keuangan sehingga siswa tunanetra kelas XI SLB Negeri Pandaan Kabupaten Pasuruan mempunyai konsep dasar untuk mempelajari lembaga keuangan, hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adanya peningkatan setelah diadakan tindakan, peningkatan tersebut sebesar 12,15 poin yang berasal dari siklus I sebesar 61,42 menjadi 73,57 pada siklus II. Sehingga dapat didiskripsikan bahwa Model pembelajaran think pair share dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS untuk materi lembaga keuangan bagi siswa tunanetra kelas XI SLB Negeri Pandaan Kabupaten Pasuruan.
Kata kunci : Lembaga keuangan, think pair share

Published
2014-05-13
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 43