PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Firda Khoirotin Universitas Negeri Surabaya
  • Gunarti Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan adalah hak setiap manusia yang bermasyarakat. Namun dalam beberapa kasus, semangat
untuk belajar sering diabaikan, terutama dalam lingkungan masyarakat berpenghasilan rendah ataupun
masyarakat yang sudah berusia dewasa. Hal ini terjadi karena anggapan mengenai ketidakpantasan
untuk mendapatkan pendidikan dengan kondisi latar belakang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Program Paket C di
SKB Mojoagung Jombang. Metode yang diguanakan ialah kualitatif dengan memakai pendekatan
deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 6 orang, terdiri dari 3 tutor pendamping dan 3 peserta didik.
Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dengan teknik interaktif. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini adalah: (1) peran tutor fasilitator efektif menggunakan strategi ARCS yang meliputi
perhatian (attention), relevansi (relevance), keyakinan (confidence), dan kepuasan siswa (satisfaction), dan (2)
penggunaan teknik apresiatif, baik berupa pujian, maupun saran, yang massif dilakukan oleh tutor
Program Paket C di SKB Mojoagung Jombang dengan tidak membiasakan pemberian hukuman kepada
peserta didik.

Published
2020-12-29
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 82