HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PG/TK ASA CENDEKIA PEPE, KEC. SEDATI, KAB. SIDOARJO

  • First Hardian Deotama Universitas Negeri Surabaya
  • Gunarti Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

         Fenomena pembelajaran daring membuat seluruh siswa dihadapkan dalam penggunaan gadget. Namun dengan adanya pembelajaran daring, banyak orangtua memberikan gadget kepada anaknya tanpa pengawasan orang tua atau disebut juga bebas dalam penggunaan gadget. Perkembangan Sosial Emosional merupakan perkembangan yang terdiri atas perkembangan sosial dan emosional. Terdapat aspek dalam perkembangan sosial meliputi pembangkangan, agresi, berselisih, menggoda, persaingan, kerjasama, tingkah laku berkuasa, mementingkan diri sendiri, dan simpati. Sedangkan aspek dalam perkembangan emosional meliputi gembira, sedih, marah, takut, rasa malu, iri hati, cemburu, khawatir, dan cinta kasih sayang. Dari kedua fenomena tersebut peneliti melihat adanya hubungan antara tingkat penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak yang berlokasi di PG/TK Asa Cendekia Pepe, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo dengan melakukan uji korelasi Pearson yang menghasilkan r hitung sebesar 0.702 antara X dengan Y1 dan 0.666 antara X dengan Y2 dimana r tabel sebesar 0.227, sehingga r hitug > r tabel terpenuhi. Artinya H1 dengan pernyataan adanya hubungan antara tingkat penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak di PG/TK Asa Cendekia Pepe diterima.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 356
PDF Downloads: 462