STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SYARIF HIDAYATULLAH PASURUAN

  • Erwina Image Rumawi Putri Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Atmaja Johny Artha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi covid-19 mengakibatkan kegiatan sosial khususnya pendidikan dilakukan di rumah. Kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah untuk mengurangi penyebaran covid-19, proses pembelajaran yang dilakukan di rumah ini membutuhkan pendampingan orang tua. Ada dua potensi yang diberikan ketika adanya pendampingan orang tua, dari segi positifnya orang tua dapat meningkatkan kedisiplinan anak saat belajar dan dari segi negatifnya jika orang tua kurang maksimal dalam mendampingi anak, anak dapat melakukan kegiatan yang tak terkendali. Terlebih lagi pada masa pandemi covid-19 sangat diperlukan perndampingan orang tua untuk proses belajar anak dan kegiatan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara orang tua dalam strategi mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang tua. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket, analisis data bersifat deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menujukkan kurang optimal. Terbukti dari hasil rata-rata persentase 40% pada strategi orang tua dapat diartikan bahwa orang tua sudah mulai membiasakan anaknya untuk belajar di rumah dengan jadwal belajar yang sudah disepakati dan 37,13% pada mendampingi anak dapat diartikan bahwa orang tua telah melakukan pendampingan pada anaknya secara maksimal mulai dari kedisiplinan, tata krama, dan kemandirian.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 89