HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA PEMBELAJARAN DARI RUMAH DI TK PELITA INSAN SIDOARJO

  • Hani Febriyanti Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Atmaja Johny Artha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi covid-19 membuat perubahan besar dalam bidang pendidikan sekaligus pemerintah mengeluarkan aturan baru untuk belajar dari rumah (learn from home) bagi anak sekolah serta bekerja dari rumah (work from home) bagi guru. Lembaga pendidikan menerapkan model pembelajaran secara daring yang dapat dilakukan dari rumah mulai dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dengan motivasi belajar anak pada pembelajaran dari rumah. Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi dan responden sebanyak 30 orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Uji validitas dan reabilitas dengan rumus pada SPSS 25.00 dengan tingkat kesalahan atau taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-smimov dan linieritas dengan signifikansi kurang dari 0,05% di spss 25.00. Uji hipotesis dengan statistic inferensial dengan rumus Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat koefisien korelasi sebesar 0,086 dengan signifikansi sebesar 0,05 (p>005) berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan motivasi belajar anak pada pembelajaran dari rumah. Orang tua tidak dapat menjalankan perannya kepada anak ketika belajar dari rumah sebab orang tua tidak membuat kontrak belajar akibatnya anak lebih memiliki banyak waktu bermain daripada waktu belajar. Orang tua tidak memberi perhatian dan dukungan pada perkembangan belajar anak dan anak mengalami kesulitan saat belajar serta motivasi belajar anak menjadi rendah.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 66