PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI TK DHARMA WANITA TEMBELANG JOMBANG

Authors

  • Anti Rivana Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Gunarti Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini berisikan laporan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK Dharma Wanita, Tembelang, Jombang dan metode diterapkan ketika anak mengalami beberapa masalah selama proses belajar dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menerapkan protokol kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran daring berjalan lancar sesuai jadwal dari guru di TK Dharma Wanita tetapi beberapa orang tua mengeluhkan tentang kesiapan mereka dalam menghadapi proses belajar di rumah sehingga dalam melakukan perannya kurang optimal karena terhalang oleh pekerjaan dan kesibukan di rumah. Beberapa diantaranya kurang mahir menggunakan gadget dan anak-anak mengalami perubahan sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran daring. Hasil penelitian yang didapat yaitu orang tua memberikan dorongan dan motivasi , menyediakan waktu untuk belajar bersama. Beberapa diantaranya sibuk dengan urusan masing-masing dan kurang paham tentang pentingnya belajar pada masa usia dini. Metode motivasi yang diberikan berupa memberi reward/hukuman, memfasilitasi alat/media belajar yang memadai, memberikan pengertian bahwa belajar itu menyenangkan dan penggunaan gadget yang positif, jalan-jalan serta memberikan camilan/makanan favorit anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Rahmawati, A. R., & Lestari, G. D. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI TK DHARMA WANITA TEMBELANG JOMBANG. J+PLUS UNESA, 10(2), 106–116. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/43092
Abstract views: 130 , PDF Downloads: 64

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>