PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN POSYANDU MELATI GUMENO

  • Aisyatul Afiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Gunarti Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

         Pandemi Covid-19 menyebabkan kementerian pendidikan dan kebudayaan mengganti kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem online. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh pembelajaran online selama pandemi Covid-19 terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan desain survey angket tertutup, di mana responden memilih jawaban yang sudah tersedia pada setiap pernyataan melalui Google Form di group WhatsApp orang tua Taman Posyandu Melati Gumeno. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan Inferensial dengan uji Regresi Linier Sederhana. Orang tua selaku pendamping anak selama pembelajaran online dan Anak Usia 2-3 tahun sebagai responden penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi orang tua dari pembelajaran online itu sangat kecil terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Yakni sebesar 38% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya pengaruh teman sebaya, usia yang menyulitkan yakni anak tidak bisa menuruti kata orang tua, anak lebih terpengaruh teman-temannya dan anggota keluarga lain. Jadi hasil menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini ditolak.

 

Published
2021-07-29
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 101