KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA GAYUNGAN

Authors

  • Ibnu Eko Yulianto Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peran merupakan pola tingkah laku tertentu yang memiliki ciri khas tersendiri dari sebuah pekerjaan atau jabatan tertentu. Sedangkan Orang Tua merupakan komponen keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu yang diikat oleh sebuah perkawinan yang sah yang membentuk sebuah keluarga. Berdasarkan pengertian tersebut, peran Orang Tua adalah cara-cara yang digunakan Orang Tua dalam menjalankan tugas-tugas mengasuh anak dengan sebaik-baiknya. Peran Orang Tua sangatlah besar terhadap keberhasilan anak dalam belajar, dilihat dari tinggi rendahnya pendidikan, besar kecilnya penghasilan, cukup atau tidak perhatian kepada anak, rukun atau tidak, tenang atau tidak rumahnya, semuanya mempengaruhi hasil belajar anak. Terdapat 6 peran penting Orang Tua, yakni pendidik, guru, motivator, supporter, fasilitator, dan model. Peneliti akan melihat apakah ada peran orang tua serta bagaimana bentuk peran orang tua dalam pendampingan belajar anak usia dini di TK Dharma Wanita Gayungan, apakah sudah sesuai dengan sumber-sumber yang sudah ada atau memiliki perkembangan terbaharu dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta metode deskriptif. Hasilnya Orang Tua di TK Dharma Wanita Gayungan telah mencukupi keenam aspek peran Orang Tua dalam pendampingan belajar anak usia dini, tetapi peningkatan juga diperlukan agar peran Orang Tua menjadi lebih optimal kedepannya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-17

How to Cite

Yulianto, I. E., & Susilo, H. (2021). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA GAYUNGAN. J+PLUS UNESA, 10(2), 203–210. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/43102
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 60

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>