PERAN TUTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DI PKBM KAK SETO SURABAYA

  • I’anatul Fauriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tutor merupakan salah satu faktor yang dapat berperan dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran virtual, melalui dorongan motivasi yang diberikan, diharapkan peserta didik memiliki kepercayaan dan tanggung jawab terhadap kegiatan belajarnya.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran tutor dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dan mengkaji faktor penghambat dan pendukung selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang terdiri dari tutor dan empat peserta didik di kelas desain grafis. Analisis data melalui tahapan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemui dari beberapa aspek terkait peran tutor dan kemandirian belajar peserta didik dinyatakan bahwa 1) pendidik memberikan motivasi kepada peserta didik yang mengalami penurunan dalam minat belajarnya. 2) pendidik membimbing dan memberikan arah kepada peserta didik yang kesulitan belajar. 3) pendidik memberikan nasihat dan solusi pada masalah yang dihadapi peserta didik. Kemandirian peserta didik meliputi a) percaya diri, mampu mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain. b) Disiplin belajar, mengelola waktu belajar dengan membuat jadwal belajar, mencatat dan mengingat waktu pengumpulan tugas. c) bertanggung jawab, mampu mengerjakan tugas tepat waktu, mempersiapkan sendiri peralatan belajar yang akan digunakan.

Published
2022-07-11
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 92