PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR DI PROGRAM KESETARAAN PAKET C SANGGAR KEGIATAN BELAJAR MOJOKERTO

  • Maulana Rinaldi Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pelaksanaan pendidikan kesetaraan paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Mojokerto mewajibkan tutor untuk memberikan pendampingan dan motivasi saat pembelajaran berlangsung kepada warga belajarnya. Namun, masih dijumpai beberapa warga belajar di program ini yang memiliki minat dan motivasi belajar rendah sehingga mengakibatkan proses pembelajaran tidak optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pembelajaran, menganalisis peran tutor dalam pembelajaran, dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat motivasi belajar warga belajar dalam mengikuti program kesetaraan paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitiannya ialah Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Mojokerto, tutor, pegawai administratif, dan warga belajar. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari dari penelitian ini yaitu standar kompetensi yang dimiliki tutor mampu untuk menunjang setiap program pembelajaran di program kesetaraan paket C. Pengimplementasian dari teknik Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) sudah memenuhi kriteria dan sangat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar dari warga belajar. Walaupun dalam implementasinya, masih banyak tutor yang belum menguasai penuhi teknik ini. Tutor masih memerlukan pelatihan tutor kesetaraan, agar dapat menunjang kinerjanya dan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Published
2022-07-01
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 74