Pengaruh Peran Tutor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di SKB Negeri Kota Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran tutor terhadap hasil belajar peserta didik dalam program kesetaraan Paket C di SKB Negeri Kota Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasari oleh peran penting tutor dalam menunjang keberhasilan pendidikan nonformal, khususnya pada jenjang kesetaraan yang diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak dapat mengakses pendidikan formal. Tutor diharapkan mampu berperan sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator dalam mendampingi proses belajar peserta didik yang memiliki latar belakang sosial ekonomi dan pendidikan yang beragam.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Data dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dianalisis menggunakan teknik analisis uji normalitas, linieritas, dan uji t dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu terdapat 61 peserta didik paket C. Lokasi penelitian di Sanggar Kegiatan Belajar Negeri Kota Surabaya dengan teknik pengumpulan data beruapa angket, observasi, dan wawancara. Uji T yang telah dilakukan menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0.00, artinya nilai signifikansi peran tutor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di Sanggar Kegiatan Belajar Negeri Kota Surabaya. Selain itu menguatkan pandangan bahwa keberadaan tutor yang menjalankan perannya secara optimal memiliki kontribusi besar terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pendidikan nonformal. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi SKB atau lembaga pendidikan sejenis agar lebih memperhatikan pengembangan kompetensi tutor sebagai ujung tombak pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

