PENDEKATAN PEMBELAJARAN TALENT CLASS SPEAK UP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK PAKET A DI HOMESCHOOLING KAK SETO SURABAYA

  • Agastya Pawestri Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pendekatan pembelajaran Speak Up pada peserta didik Paket A. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Informan yang di wawancara meliputi tutor talent class speak up pada peserta didik paket A, penanggung jawab talent class speak up, dan peserta didik paket A. Kemudian data yang sudah terkumpul, dilakukan uji keabsahan data melalui uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Dalam memudahkan pemahaman hasil penelitian, peneliti menggunakan kondensasi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian, Talent Class Speak Up pada peserta didik paket A menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang menekankan pada keterampilan pemecahan masalah dan memungkinkan proses pembelajaran berjalan secara mandiri, membuat siswa lebih aktif dan kreatif, akan menjadi suasana belajar lebih menyenangkan. Ada lima jenis metode pembelajaran: metode ceramah, metode konteks, teknik praktik, metode praktik, dan metode show & tell. Games, PowerPoint dan real object digunakan sebagai media pembelajaran. Sumber daya dari buku dan situs web. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar dapat meningkatkan keterampilan bahasa peserta didik paket A.

Published
2022-07-07
Abstract Views: 190
PDF Downloads: 130