POLA PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD TERPADU MELATI I KARANGAN TENGAH RW III WIYUNG SURABAYA

  • Dhimas Rangga Dewa Cakra Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan kognitif anak dapat berkembang secara maksimal apabila pola pengasuhan yang diberikan sesuai dengan karakteristik dan usia anak. Setiap pola pengasuhan orang tua mempunyai hasil yang berbeda-beda terhadap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengasuhan orang tua dan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah orang tua dari peserta didik dan peserta didik dengan usia 3-4 tahun di Pos PAUD Terpadu Melati I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua adalah pola pengasuhan permisif. Pola pengasuhan tersebut berdampak pada perkembangan kognitif anak karena orang tua melakukan pembiaran terhadap anak. Anak dengan pola pengasuhan permisif kurang tercapai perkembangan kognitif sesuai dengan tahap usianya. Maka, disarankan untuk para orang tua terlibat dan memberi stimulasi serta kontrol kepada anak sehingga kemampuan kognitif anak bisa berkembang lebih maksimal.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 73