POLA PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD TERPADU MELATI I KARANGAN TENGAH RW III WIYUNG SURABAYA

Authors

  • Dhimas Rangga Dewa Cakra Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan kognitif anak dapat berkembang secara maksimal apabila pola pengasuhan yang diberikan sesuai dengan karakteristik dan usia anak. Setiap pola pengasuhan orang tua mempunyai hasil yang berbeda-beda terhadap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengasuhan orang tua dan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah orang tua dari peserta didik dan peserta didik dengan usia 3-4 tahun di Pos PAUD Terpadu Melati I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua adalah pola pengasuhan permisif. Pola pengasuhan tersebut berdampak pada perkembangan kognitif anak karena orang tua melakukan pembiaran terhadap anak. Anak dengan pola pengasuhan permisif kurang tercapai perkembangan kognitif sesuai dengan tahap usianya. Maka, disarankan untuk para orang tua terlibat dan memberi stimulasi serta kontrol kepada anak sehingga kemampuan kognitif anak bisa berkembang lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Dewa Cakra, D. R., & Susilo, H. (2021). POLA PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD TERPADU MELATI I KARANGAN TENGAH RW III WIYUNG SURABAYA. J+PLUS UNESA, 10(2), 134–138. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/43095
Abstract views: 138 , PDF Downloads: 89

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>