Hubungan Komunikasi Interpersonal Tutor dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di PKBM Budi Utama Surabaya

  • Alma Evania Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Motivasi belajar peserta didik mendorong semangat dalam mencapai tujuan belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yakni komunikasi interpersonal tutor dengan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal tutor dengan motivasi belajar peserta didik pada program kesetaraan paket C di PKBM Budi Utama Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik analisis Product Moment. Sampel penelitian ini yakni 32 peserta didik program kesetaraan paket C di PKBM Budi Utama Surabaya. Melalui uji korelasi yang dilakukan didapat koefisiensi korelasi 0,789   dan nilai signifikasi 0,000 yang berarti komunikasi interpersonal tutor dan motivasi belajar peserta didik memiliki hubungan positif dan tergolong dalam kategori kuat, artinya motivasi belajar peserta didik program kesetaraan paket C di PKBM Budi Utama Surabaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat ditentukan oleh komunikasi tutor dengan peserta didik, komunikasi interpersonal tutor tinggi maka motivasi belajar peserta didik juga tinggi.

Diterbitkan
2024-01-08
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0