KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELOMPOK BERMAIN MAMBAUL ULUM

  • Ilfi Nur Diana Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran salah satunya di pengaruhi oleh suasansa belajar yang berkualitas.
Suasana belajar yang berkualitas dapat diwujudkan dengan adanya kerjasama antara guru dan orang
tua. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kerjasama orang tua
dengan guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelompok Bermain Mambaul Ulum,
hambatan-hambatan dan upaya yang dilakukan sekolah Kelompok Bermain Mambaul Ulum untuk
mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif,
dengan subjek penelitian kepala sekolah, tiga guru dan orang tua peserta didik Kelompok Bermain
Mambaul Ulum. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu (1) bentuk kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan hasil
belajar peserta didik yaitu parenting, komunikasi, volunteer, keterlibatan orang tua pada pembelajaran
anak di rumah, pengembilan keputusan dan kolaborasi dengan kelompok masyarakat. (2) hambatanhambatan
yang terjadi disebabkan oleh waktu, pandangan orang tua tentang guru, rasa percaya diri
orang tua masih rendah dan masih terbatasnya kemampuan dan pemahaman guru dan orang tua
tentang kerjasama. (3) upaya sekolah dalam mengatasi hambatan meliputi: memberikan pemahaman
kepada guru dan orang tua terkait kerjasama antara orang tua dan guru, melibatkan orang tua dalam
perencanaan program dan metode yang tepat untuk berkomunikasi dengan orang tua.

Published
2020-12-29
Abstract Views: 354
PDF Downloads: 15804