PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET C DI UPTD SPNF SKB SIDOARJO

Authors

  • Hilda Eryani Universitas Negeri Surabaya
  • Widodo Widodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang tenaga pendidik yang berkaitan langsung dengan peserta didik. Motivasi belajar adalah dorongan dalam dan luar diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki subjek belajar dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik tutor terhadap motivasi belajar peserta didik program kejar paket C di UPTD SPNF SKB Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan penelitian korelasional. Jumlah responden adalah 33 peserta didik. Metode pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai (3,334) >  (2,034) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian yaitu kompetensi pedagogik tutor berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik kejar paket C. Oleh karena itu, tutor harus meningkatkan kompetensi pedagogiknya agar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-05-12

How to Cite

Eryani, H., & Widodo, W. (2022). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET C DI UPTD SPNF SKB SIDOARJO. J+PLUS UNESA, 11(2), 49–58. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/46088
Abstract views: 109 , PDF Downloads: 87

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>