HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PHIEBATIQUE ONLINE FASHION CLASS SURABAYA

  • Hamidah Aliansyah Universitas Negeri Surabaya
  • widodo widodo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pelatihan dimkasudkan untuk menumbuhkan motivasi dengan mengiplementasikan strategi pembelajaran daring yang dianggap dapat menjangkau hasil yang maksimal. Tujuan Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui  korelasi antara strategi pemblajaran daring dengan motivasi wirausaha peserta didik di Phibatique Online Fashion Class Surabaya. Strategi pembelajaran daring adalah serangkaian rencana, metode, dan perangkat aktivitas yang terorganisir dan terarah untuk membantu  peserta didik mengorganisasikan pengalaman belajar dan mencapai tujuan pembelajaran dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring . Motivasi berwirausaha adalah semangat yang muncul dari dalam diri yang mengarahkan seseorang individu untuk bertindak sebagai pelaku sebuah usaha bisnis, selain itu juga motivasi wirausaha menjadi aspek utama bagi peserta didik untuk memperoleh pendidikan melalui jalur pelatihan untuk menambah keahlian sebagai bekal mendirikan sebuah usaha. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian berjumalah 34 orang peserta didik. Penelitian ini menggunkan angket sebagai teknik pengumpulan data. Data yang dihasilkan kemudian di analisis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari analisis menunjukan r hitung lebih besar dari r tabel (0.794 > 0.361) dengan kesimpulan hubungan antara strategi pembelajaran daring dengan motivasi berwirausaha termasuk dalam kategori hubungan yang kuat (0.60 – 0.799). Pengujian yang lain seperti uji normalitas yang menunjukan hasil signifikansi kedua variabel lebih besar dari 0.05 atau dapat di katakana sebagai berikut p > 0.05 sehingga dapat diartikan data yang di peroleh terdistribusi normal.

Published
2021-12-01
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 26