HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN KINERJA PAMONG BELAJAR PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI SKB GRESIK
Abstract
Kualitas pendidikan non formal dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kinerja pamong belajar selaku tenaga pendidik. Kinerja pamong belajar sendiri dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki pamong belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara kompetensi dengan kinerja pamong belajar pada program pendidikan kesetaraan paket B di SKB Gresik. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel total karena terbatasnya populasi yang kurang dari 30. Dua variabel yang digunakan dalam peneitian ini adalah kompetensi pamong belajar sebagai variabel independen, dan variabel kinerja sebagai variabel dependen. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian korelasional. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Instrument penelitian menggunakan pengukuran penilaian dengan skala likert. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menguji angket penelitian. Uji normalitas dan uji korelasi rank spearman digunakan untuk menganalisis data penelitian. Setelah pengolahan data menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS (pengolah data statistik), diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,678 dan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Dari hasil tersebut mengindikasikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel kompetensi yang dimiliki pamong belajar dengan kinerja pamong belajar pada program pendidikan kesetaraan paket B di SKB Gresik.