Penerapan Prinsip-prinsip Andragogi Untuk Meningkatkan Partisipasi Jama'ah Majelis Taklim Baitur Rohmah Desa Duran Karangpuri Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Enik Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip prinsip andragogi dalam meningkatkan partisipasi jama'ah majelis taklim baitur rohmah desa duran karangpuri kabupaten sidoarjo. Latar belakang masalah mencakup penurunan partisipasi jama'ah dari 70% pada tahun 2020 menjadi 55% pada tahun 2023, serta kurangnya keterlibatan aktif selama kegiatan. hal ini menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih efektif untuk meningkatkan partisipasi jama'ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. pemilihan metode ini bertujuan untuk memahami pengalaman dan perspektif individu dalam konteks pembelajaran non formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip prinsip andragogi, seperti kebutuhan belajar, kemandirian dan relevansi materi, dapat meningkatkan partisipasi jama'ah, meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan kebiasaan pasif. Faktor faktor yang mempengaruhi partisipasi jama'ah meliputi motivasi spiritual, dukungan sosial dan metode pembelajaran interaktif. Saran yang diajukan mencakup peningkatan fleksibilitas jadwal, penggunaan teknologi, dan pendekatan kolaboratif antara pengurus dan jama'ah. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan model pembelajaran non formal berbasis andragogi dalam konteks pedesaan, sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan jama'ah secara lebih efektif. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Amalia, E., & Susilo, H. (2025). Penerapan Prinsip-prinsip Andragogi Untuk Meningkatkan Partisipasi Jama’ah Majelis Taklim Baitur Rohmah Desa Duran Karangpuri Kabupaten Sidoarjo. J+PLUS UNESA, 14(2), 101–108. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/69919
Abstract views: 4 , PDF Downloads: 0

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>