PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI PADA SISWA TUNARUNGU SMPLB KARYA MULIA SURABAYA

Penulis

  • RIZKY WITA RAHMADANI
  • TRISAKTI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v7n1.p%25p

Abstrak

SMPLB Karya Mulia Surabaya merupakan lembaga pendidikan formal yang disediakan untuk Anak Berkebutuhan Khusus dengan spesifik Tunarungu. SMPLB Karya Mulia Surabaya dikelola oleh naungan Yayasan Pendidikan Anak Tuna Rungu (YPATR). SMPLB Karya Mulia Surabaya menyediakan kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler tari sebagai pengimplementasian layanan Bina Bicara dan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI). Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Ekstrakurikuler tari pada siswa Tunarungu SMPLB Karya Mulia Surabaya, (2) mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan saat ekstrakurikuler tari pada siswa tunarungu SMPLB Karya Mulia Surabaya dan (3) menjelaskan faktor yang mendukung hasil belajar ekstrakurikuler tari pada siswa tunarungu SMPLB Karya Mulia Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan objek penelitian strategi pembelajan ekstrakurikuler teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan validitas data menggunakan triangulasi sumber, metode, dan waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler seni tari pada siswa SMPLB Karya Mulia merupakan bentuk dari implementasi Bina Bicara dan BKPBI yang dilaksanakan rutin setiap satu minggu sekali dengan diikuti oleh seluruh peserta didik SMPLB Karya Mulia Surabaya. Ekstrakurikuler tari menggunakan strategi pendekatan melalui metode komunikasi total atau komtal dan teknik hitungan. Selama proses pembelajaran menggunakan bahasa isyarat berjenis oral, manual maupun campuran. Faktor pendukung hasil belajar ekstrakurikuler pada tingkat SMPLB didukung oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor pendukung internal terdapat dari minat peserta didik dan motivasi dari orang terdekat. Faktor eksternal terjadi karna adanya hubungan guru dengan siswa, serta guru dengan wali murid siswa tunarungu. SMPLB Karya Mulia Surabaya beberapa kali mendapat prestasi dari berbagai event perlombaan yang telah diraih selama mengikuti Ekstrakurikuler.

Kata kunci: Pembelajaran Tari, Tunarungu, Metode Komunikasi Total

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-07-11

Cara Mengutip

WITA RAHMADANI, R., & TRISAKTI. (2019). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI PADA SISWA TUNARUNGU SMPLB KARYA MULIA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 7(1). https://doi.org/10.26740/jps.v7n1.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 645