PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF MIKA TRANSPARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD ISLAM AL FURQON BULAK SURABAYA

  • RENNY ANGGOROWATI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Latar belakang penulis melakukan penelitian ini adalah karena rendahnya nilai KKM siswa kelas IV SD Islam Al Furqon mata pelajaran matematika materi penjumlahan. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep tentang pecahan. Minimnya media pembelajaran yang masih digunakan guru dalam mengajar menjadikan materi yang disampaikan masih bersifat verbalisme. Keadaan tersebut menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang penjumlahan pecahan. Maka solusi yang tepat menurut peneliti untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan menggunakan media manipulatif mika transparan yang diarsir. Dengan menggunakan media tersebut siswa akan lebih aktif dalam pembelajaran secara individu maupun kelompok serta siswa akan lebih mudah untuk memahami konsep pecahan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data didapatkan melalui observasi kelas, tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk diagram. Subyeknya penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Al Furqon dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus yang dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x35 menit. Hasil penelitian membuktikan pada observasi guru mengalami peningkatan sebesar 14.5% dari 73.3% pada siklus I menjadi 87.8% pada siklus II. Sedangkan pada observasi siswa mengalami peningkatan sebesar 14.3% dari 73.5% pada siklus I menjadi 87.8% pada siklus II. Serta pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 20.8% yaitu dari  62.5% Pada siklus I menjadi  83.3% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media manipulatif mika transparan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan kelas IV SD Islam Al Furqon.

 

Kata Kunci: media manipulatif mika transparan, matematika, hasil belajar.

 

Abstract: Background the writer performed this research was because  low score Standart Minimum Criteria students fourth grade Al Furqon  Islamic Elementary School learning mathematics addition fraction material. This was due  because the teacher had not used media yet to help students in understanding concept about fraction. Lack of media that is used by teacher in teaching makes the materials which was taught was still verbalism. It made the students got difficulty in understanding concepts of addition fraction. So, the exact solution to solve the problem above was to use instructional manipulative media mica transparent shaded. Throught the use instructional manipulative media media transparent of the shaded, student will be more active in individual and group learning  and the student would be easier understand concept of  addition fraction materaial. This research used descriptive quantitive method. The collection of data used of the method observation and test. The data was analyzed and reported in the diagram  form. Subject in this study were fourth grade Al Furqon  Islamic Elementary School which has 24 students. This research had two cycles which performed four steps. They were planning, action, observation and reflection. Every cycle was done two meeting by the time allocation 2x35 minutes. Research result proved in observation of teacher activity increased 14.5% from 73.3% in cycle I became 87.8% in cycle II. While in observation students increased 14.3% from 73.5% in cycle I became 87.8% in cycle II. And the student succesfull of study also increased 20.8% it was from  62.5% in cycle I became 83.3% in cycle II.From this result could be concluded that by using manipulative media mica transparent can improve learning outcomes  student in learning mathematics material addition fraction fourth grade SD Islam Al Furqon.

 

Keyword : manipulative media mica transparent, mathematics, result of study.

 

Published
2013-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 296