PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DENGAN TEMA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS III SDN KREMBANGAN UTARA III/606 SURABAYA

  • RIO NUSWANTORO Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Dasar (SD) terutama di kelas rendah kebanyakan masih menggunakan pembelajaran yang konvensional dengan menekankan pembelajaran yang memisahkan penyajian antar satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pembelajaran yang dilakukan di SDN Krembangan Utara III/606 Surabaya khususnya di kelas III masih dilakukan secara konvensional. Fakta yang didapatkan adalah siswa masih kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran,  sering terlihat bosan dan tidak fokus saat pembelajaran berlangsung. Mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pelajaran mengarang sebanyak 54% siswa belum tuntas belajar (mencapai KKM > 65). Padahal pembelajaran dikatakan telah memenuhi ketuntasan belajar klasikal, apabila 75% dari jumlah siswa telah memperoleh nilai minimal 65. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah meningkatkan aktivitas guru dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana selama pembelajaran berlangsung dengan media gambar seri dan menggunakan model pembelajaran langsung serta mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan seerhana  dengan menggunakan media gambar seri. Metode pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pelaksanaan pada siklus I adalah persentase keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 80% dan hasil belajar siswa sebesar 63,6%. Sedangkan hasil pelaksanaan pada siklus II adalah persentase keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 100% dan hasil belajar siswa sebesar 87,9%.  Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru, hasil belajar siswa dan kendala-kendala yang muncul menunjukkan peningkatan yang baik setelah menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Krembangan Selatan III/606 Surabaya.

Kata kunci:Media Gambar Seri dan Karangan Sederhana

 

 

Abstract: Study conducted elementary At school  especially in low class most still use conventional study emphasizedl study dissociating presentation usher one subject with other subject. Pursuant to conducted observation result, study conducted in SDN Krembangan Utara III/606 Surabaya specially in class III still be conventionally. Fact got that student still less zeal for to follow study, often seen to tire of and don’t focus study moment take place. Indonesian Subject specially the charcoal Iesson as much 54% student not yet complete learn ( reaching KKM > 65). Though the study told have fulfilled complete learn klasikal, if 75% from student amount have obtained minimum value 65. Target which wish reached by researcher improve activity learn and result of learning student in writing simple composition during study take place with media of break even picture and use model of direct study and also mendeskripsikan of constraints faced  during process of study take place. Research type used class action research ( PTK). This Research aim to improve repair performance learn so that in the end can improve result learn student in writing composition seerhana by using break even picture media. data Intake method used by researcher descriptive qualitative and quantitative. Result of execution cycle I is percentage keterlaksanaan activity learn equal to 80% and result of learning student of equal to 63,6%. While execution result at cycle II is percentage keterlaksanaan activity learn equal to 100% and result of learning student equal to 87,9%. Pursuant to this research indicate that activity learn, result learn student and constraints which emerge to show good improvement after using media of break even picture to increase the ability write simple composition student of class of III SDN Krembangan Utara III/606 Surabaya

 

Keyword : Media of Break even Picture and the Simple Composition

Published
2013-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 34