PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN JEMURWONOSARI II/525 SURABAYA

  • SAMIADJI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat berbagai permasalahan dalam kegiatan pembelajaran diantaranya siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran dan masih banyak guru yang menggunakan teori saja yang berpusat pada buku teks tanpa menyajikan suatu media yang bisa dihubungkan dengan masalah-masalah yang terjadi disekitar lingkugan siswa. Dengan memperhatikan permasalahan tersebut, diperlukan adanya pembaruan dalam proses pengajaran yaitu dengan menerapkan pendekatan model pembelajaran berdasarkan masalah dalam pembelajaran. Pendekatan Model pembelajaran berdasarkan masalah merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dan permasalahan yang ada di lingkungan siswa.  Dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS, materi  yang disampaikan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga keberhasilan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari analisis/pembahasan diketahui bahwa efektivitas hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 28% dari siklus I sebesar 28% siklus II mencapai 56%. Selanjutnya mengalami peningkatan sebesar 36% dari siklus II sebesar 56% siklus III mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS serta pendekatan pembelajaran berdasarkan masalah ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam proses pembelajaran IPS di sekolah.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar.

Abstract: Based on the research that has been generated, there are many problems in learning activities among students are less active in the learning process, and there are still many teachers who use a theory based on the textbook without presenting a medium that can be linked to problems that occur around the students . pay attention the  problem, it is necessary to reform the teaching process is to apply the learning model based approach to learning problems. Approach to the problem based learning model is a concept that helps teachers learn link between the material being taught to the situation and the existing problems in the students. in learning, especially on the subjects of social studies, which set beside the material associated with the daily life of students and are expected to improve student learning outcomes so that successful learning be achieved. This research is a qualitative descriptive study of planning, execution, observation, and reflection. From the analysis / discussion in mind that the effectiveness of student learning outcomes has increased 28% from the first cycle of 28% the second cycle by 56% subsequently experienced an increase of 36% from the second cycle by 56% to 92% the third cycle. The conclusion of this research is problem-based learning approach can improve student learning outcomes in social studies and problem-based learning approach can be used as an alternative model of learning in social studies learning process in schools.

Keywords: problem-based learning models, teaching social studies, learning outcomes

Published
2013-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 5