PENGGUNAAN MEDIA KARTU KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN WONOREJO I-312 SURABAYA

  • SITI MARIYAH Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Membaca adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki  oleh seseorang sekaligus menjadi salah satu tujuan utama pada jenjang Pendidikan Dasar. Oleh sebab itu minat membaca harus dikembangkan dan diupayakan peningkatannya. Tetapi pada kenyataannya kemampuan membaca siswa sekolah dasar saat ini, belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dalam kurikulum, bahkan dapat dikatakan jauh dari keberhasilan. Hal tersebut terungkap dari hasil diskusi antar guru pada pertemuan KKG yang diadakan setiap satu bulan sekali. Kesulitan tersebut di atas juga dihadapi oleh siswa kelas I SDN Wonorejo I-312 Surabaya yang kemampuan membacanya belum sesuai dengan harapan. Dari 40 siswa, hanya 22 siswa (55%) yang dapat membaca lancar dan memperoleh nilai di atas KKM. KKM yang ditetapkan sekolah adalah 70. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus I dilaksanakan 2 pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan dalam 1 pertemuan. Kedua siklus tersebut terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan  catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I dan siklus II mencapai 100%. Skor ketercapaian aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 21,2 dari siklus I yaitu 70,4 dan siklus II meningkat menjadi 91,6. Sementara itu, ketuntasan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kalimat mengalami peningkatan sebesar 17,5%. Pada siklus I mencapai ketuntasan 75%, sedangkan pada siklus II ketuntasan mencapai 92,5%. Kendala-kendala yang dihadapi adalah cara menguasai kelas dan pengelolaan waktu pembelajaran, cara mengatasinya dengan meninjau kembali pengelolaan waktu pembelajaran dan membuat solusi kemudian diterapkan pada pembelajaran selanjutnya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kalimat dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SDN Wonorejo I-312.

Kata Kunci : Media Kartu Kalimat dan Kemampuan Membaca

Abstract: Reading is one of elementary interest which must be owned by somebody at one blow become one of especial target at Elementary Education ladder. On that account enthusiasm read have to developing and in striving improvement nya. But practically the ability read student of elementary school in this time not yet as according to interest which is expecting in curriculum, even earn telling far from efficacy. Mentioned expressed from discussion result usher teacher at meeting Working Activity Teacher performed each;every one month;moon once. Mount above mentioned difficulty also in owning by class I Elementary School Wonorejo I-312 Surabaya student which the ability read [it] not yet as according to expectation. From 40 student only 22 student ( 55%) student which can read fluent and obtain;get above value of Complete Criterion Minimize. Complete Criterion Minimize specified by a school is 70. This research use Class Action Research device (CAR), what is done by the two of cycle, cycle I executed by during 2 meeting of while cycle II executed by during 1 meeting. the Cycle second consisted of the planning phase, execution, and refleksi perception. Technique data collecting in this research use observation technique, tes field note and. Data gathered to be analysed by using descriptive method qualitative and quantitative. Result of research indicate that percentage of keterlaksanaan of activity learn at cycle of I and cycle of II reach 100%. score of Ketercapai of activity of teacher experience of improvement of equal to 21,2 from cycle of I that is 70,4 and cycle of II mount to become 91,6. Meanwhile, complete to read student by using media card sentences  experience of improvement of equal to 17,5%. At cycle of I reach complete 75%, while at cycle of complete II reach 92,5%. Constraints faced by is the way of mastering class and management of study time, its way to overcome revisedly is management of time of study and make solution is later;then applied at study hereinafter. that use of media of card of text can uplift skill to read student of class of I Wonorejo I-312Elementary School.

Keyword : Media Card Sentences  and Ability Read

Published
2013-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 121