PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SDN RANGKAH I TAMBAKSARI SURABAYA

  • SRI WIDYANARTI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengkaji aktivitas guru, tingkat aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle dalam model pembelajaran langsung, serta kendala yang dialami selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Rangkah I Tambaksari Surabaya yang berjumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan angket.Hasil pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis diskripsi kualitatif. Pada kegiatan pembelajaran, aktivitas guru mengalami  peningkatan skor rata-rata 75% pada siklus I, 81,9% pada siklus II, dan 90,29% pada siklus III. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan skor rata-rata 66,07% pada siklus I, 76,78% pada siklus II, dan 87,50% pada siklus III. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan skor rata-rata 40% pada observasi awal, 46,66% pada siklus I, 66,67% pada siklus II, dan 86,67% pada siklus III. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dalam model pembelajaran langsung dalam peajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rangkah I Tambaksari Surabaya.

 

Kata Kunci : IPS, media puzzle, model pembelajaran langsung

Abstract: The background of this research is using social studies which frequently present verbally and not using media learning. it causes the student is not utmost attention to their teacher explanation so, the outcome of social studies is un-vaunted ( low )The purpose of this research to examine teacher activity, student activity level and  student learning outcomes on social studies before and after using media puzzle in direct learning and kinds of hindrance during learning. This research uses design research in action class by using qualitative method. The subject in this research is the Student class VA SDN Rangkah I Tambaksari Surabaya which total of 30 students. The method of data collection by using the observation, test and angket method. The outcome of data collection is analyzed by using technique  of qualitative descriptive analyses. On learning activity, teacher activity experienced improving score on average of 75 % in circle I. 81,9 in circle II and 90,29 in circle III. On student activity experienced improving score which average of 66,07 % in circle I, 76,78 % in circle II and 87, 5 % in circle III. On learning outcome also experienced improving which average of score 40 % on initial observation 46% in circle, 66,67 % in circle II and 86,67 % in circle III, from above result, could be concluded that using media puzzle in direct learning in social studies is able to improve the student learning outcome for student class VA SDN Rangkah I Tambaksari  Surabaya

Keyword : Social Studies, media puzzle, direct learning model

Published
2013-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 515