MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGURANGAN BERSUSUN DENGAN TEKNIK MEMINJAM MENGGUNAKAN MEDIA BATANG KOESIONER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN KREMBANGAN UTARA III / 606 SURABAYA

  • SULIKAH Jurusan PGSD FP UNESA

Abstract

Abstrak: Salah satu permasalahan yang terjadi dalam  pembelajaran matematikadi kelas III SDN Krembangan Utara III/606 Surabaya yaitu rendahnya hasil belajar pengurangan dengan teknik meminjam. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa masih banyak siswa yang kurang lancar menentukan hasil pengurangan bilangan dengan menggunakan sistem meminjam. Hal ini terjadi, antara lain karena para siswa belum/tidak hafal fakta dasar pengurangan. Berdasarkan permasalahan di atas maka diperlukan upaya untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan media batang koesioner. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru,mendeskripsikan aktivitas siswa, dan hasil belajar pengurangan bersusun dengan teknik meminjam siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media batang koesioner di kelas III SDN Krembangan Utara III/606 Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Rancangan disusun dalam satuan siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan observasidan tes untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 69,85% dan pada siklus II memperoleh skor 82,22%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 66,25% dan pada siklus II memperoleh skor 87,50%. Hasil belajar siswa siklus I yaitu 66,66%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,84%. Dari hasil penilitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media batang koesioner dapat meningkatkan hasil belajar pengurangan bersusun dengan teknik meminjam pada mata pelajaran matematika siswa kelasIII SDN Krembangan Utara III / 606 Surabaya.

Kata kunci: media pembelajaran, batang koesioner, pengurangan bersusun

Abstract: One of the problems that occur on math learning on third grade of SDN Krembangan Utara III / 606 Surabaya is the low of learning result on subtraction by borrowing technique. From the observation result it known that there still a lot of student that still incapable to resolve the subtraction result by using borrowing technique. It occur, due the student that have no understanding concerning the basic fact of subtraction. Based on the problem above, so it will need effots to solve it, namely by applying chart koesioner media. The aim of this research is to decribe teacher activity, student activity, and the learning result of stacked subtraction by using borrowing technique on learning implementation by using chart koesioner on third grade math subject of SDN Krembangan Utara III / 606 Surabaya. This research apply colaborative class action research. The design arranged on one cycle. On every cycle consisted of four stages, namely : planning, implemantation, observation, and reflection. Research data obtained from observation and test to obtain data concerning student learning result. Research result show that teacher activity on first cycle obtain score 69.85% and on second cycle obtain score 82.22%. Student activity on first cycle obtain score 66.25% and on second cycle obtain score 87.50%. student learning result  on first cycle obtain score 66.66% and on second cycle increase to 82.22%. from these research result it can be conclude that by using chart koesioner media can increasing learning result of stacked subtraction by using borrowing technique on math subject on third grade math subject of SDN Krembangan Utara III / 606 Surabaya.

Keywords : learning media, chart koesioner, stacked subtraction.

 

Published
2013-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 28