PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II SDN BANYU URIP V/366 SURABAYA

  • DAMAYANTI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan kendala-kendala yang dihadapi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah pemanfaatan media gambar selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif dan kwantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Banyu Urip V/366 Surabaya yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil pengumpulan data dianalisis secara kwantitatif dan kwalitatif dan hasil persentase keterlaksanan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I 82% menjadi 89%, skor ketercapaian siklus I 66,5%  dan siklus II 82% mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I 65% atau siswa yang memperoleh nilai 70 atau lebih sebanyak 26 dari total 40 siswa menjadi 92,5% atau siswa yang memperoleh nilai 70 lebih sebanyak 37 dari 40 siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi.

Kata Kunci : Menulis Deskripsi Media Gambar.

 

Abtract: The purpose of this study to assess the implementation of learning, student learning outcomes and the constraints faced by the Indonesian Language before and after the use of media images during the learning progress. The study used a classroom action research using qualitative and quantitative methods. The subjects were students of class II SDN Banyu Urip V/366 Surabaya berjulmah 40 students. Data collection techniques using observation, testing and field notes. The results of the quantitative data collection and qualitative dianalisiss and yield learning experience peninhkatan keterlaksanan percentage of first cycle 82% to 89%, a score of 66.5% achievement of the first cycle and second cycle 82 has increased with the criteria very well. Student learning outcomes first cycle of 65% or nsiswa who scored 70 or more than 26 of the total 40 students to 92.5%, or students who earn a score of 70 over a total of 37 of the 40 students. From these results it can be concluded that the use of media images can improve writing skills description.

Keywords: Writing, Description  and Media Pictures.

Published
2013-01-27
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 13