PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDS BAPTIS PENGHARAPAN TEGALSARI SURABAYA

  • KARYANTO Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Baptis Pengharapan selama ini guru tidak menggunakan media. Penyampaian pesan disampaikan secara lisan. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjemuhkan dan membuat siswa berperan secara pasif sebagai pendengar. Pembelajaran diatas dapat menghambat usaha siswa, dalam mengoptimalkan hasil belajar  pada mata pelajaran IPS, padahal perlu diketahui mata pelajaran IPS memiliki konstribusi dalam pencapaian kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS kelas IV SDS Baptis Pengharapan Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini adalah penelitian awal dan pelaksanaan tindakan. Pada pelaksanaan tindakan terhadap 4 tahapan yang harus dilakukan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan evaluasi, (4) analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDS Baptis Pengharapan   Surabaya yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan hasil respon siswa. Teknik Analisis data yang dilakukan adalah untuk menganalisi hasil observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan hasil belajar dilakukan dengan memberikan latihan soal berupa soal pilihan ganda dan soal isian.  Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 60,7%, pada siklus II aktivitas guru mencapai 75% dan pada siklus III aktivitas guru mencapai 89,3%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 65,6%, siklus II aktivitas siswa mencapai 74,5% dan siklus III aktivitas siswa mencapai 92,1%. Data hasil tes siswa pada siklus I mencapai 66,7%, siklus II mencapai 78,8% dan pada siklus III mencapai 87,9%. Diakhir pelajaran dibagikan lembar angket untuk mengetahui respon siswa. Persentase angket mencapai > 80%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDS Baptis Pengharapan Surabaya.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, IPS

Abstract: According to observation researcher in process of learning in the fourth grade of Baptis Pengharapan Elementary School, that during of time the teacher don’t use the media. As long as the massage sent to student by verbal. This matter cause that the process of learning bore and make studenst just as the hearer. The process of learning aboce can pursue the student in optimal result of study at social subject, it though is important to know that the social subject have contributed in attainment of interest that must be owned by student. The purpose of this research is to description the teacer and student activites result and respon the student to stude social subject in the fourth grade of Baptis Pengharapan Elementary School. This research is representative of class action. Produre of this research is the first research and action research, 1. Planning, 2. Execution, 3. Perception and evaluate, and 4. Analysis and reflection. The subject in this research is student in the fourth grade of Baptis Pengharapan Elementary School. Surabaya is eighteen students. The technique of data collection used method of observation teacher activites, result of learning and respon students. Technique of data analuse is taken for analyse of observation to learn teacher and student activites, while the result do to give exercises like multiple choise or essay. In this learning activities, teacher has improvement from cycle 1, cycle 2 an cycle 3. In the first cycle teacher activities reach 60,7%, in the second cycle teacher acitivities reach 75%, and in the third cycle teacher activities reach 89,3%. While the student activities in first cycle reach 65,6% second cycle reach 74,5%, third cycle reach 92,1%. The result of data from student test first cycle reach 66,7%, second cycle reach 78,8% and in third cycle reach 87,9%. In the last learning allotted by sheet of questionnaire to know respon student. Percentage of enquette reach > 80%. Form the result above conclude that applying cooperative learning model type of Student Teams Achievement Division (STAD) can improve result of learning student in the fourth grade of Baptis Pengharapan Elementary School in Surabaya.

Keyword:               The cooperative learning model type STAD of Social Subject

 

Published
2013-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 9