PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEDUNGREJO,WARU – SIDOARJO

  • Achmad - -Syaiful

Abstract

 

Abstrak: urangnya kesempatan siswa untuk mengalami proses pembelajaran IPS sesuai dengan perkembangan daya pikirnya membuat situasi pembelajaran IPS di sekolah kaku. Kondisi seperti itu melatar belakangi penelitian ini,disamping keluhan yang disampaikan guru kelas V SDN Kedungrejo,Waru Sidoarjo bahwa sebagian siswa di kelasnya kurang mengikuti pembelajaran IPS dengan baik.Indikatornya terlihat dari beberapa siswa melakukan aktivitas lain pada saat guru menjelaskan materi pelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, IPS , Hasil Belajar.

 

 

Abstract: The lack of opportunity for students to experience the learning process with the development of the power he thought power makes the situation a rigid social studies learning in school.Such conditions the background of the research, in addition to complaints Elementary School fifth grade teacher Kedungrejo,Waru Sidoarjo the most student in the class less well following the Social studies.The indicator student doing other activities when the teacher explains the subject matter that impact on student learning outcomes are less maximum.

Keywords: Cooperative’s,Learning Model , Social Studies , Learned Result.

Author Biography

Achmad - -Syaiful
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 53