PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FPB DAN KPK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN KOMPLEK KENJERAN II/506 SURABAYA

  • LAMIDI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan 2006 mata pelajaran matematika sekolah dasar telah diajarkan materi menentukan FPB dan KPK. Pada proses pelaksanaan pembelajaran menentukan FPB dan KPK dilakukan secara sederhana yakni guru langsung memberikan bagaimana cara-­cara menentukan FPB dan KPK. Proses tersebut dilakukan tanpa ada sesuatu yang menarik bagi siswa, sehingga masih banyak siswa yang mendapat hasil belajar siswa yang dibawah KKM. KKM yang ditetapkan adalah 70. Berdasarkan hasil refleksi dari proses pembelajaran matematika khususnya pada materi FPB dan KPK selama ini masih menemui beberapa kendala yaitu : (1) sumber belajar bergantung pada guru; (2) belum/tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya; (3) meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku paket tentang materi yang diajarkan (4) kurang memperhatikan minat siswa; (5) pembelajaran hanya berpusat pada guru dan pemilihan bahan ajar semata-mata didasarkan pada buku paket. Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 69,6% dan pada siklus II aktivitas guru mencapai 89,3%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 63,8% dan siklus II aktivitas siswa mencapai 85%. Data hasil tes siswa pada siklus I mencapai 63,9% dan siklus II mencapai 88,9%. Diakhir pelajaran dibagikan lembar angket untuk mengetahui respon siswa. Persentase angket mencapai 90%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Komplek Kenjeran II Surabaya.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, FPB dan KPK

Abstract: As according to curriculum mount set of education 2006 subject of mathematics of elementary school have been taught a items determine FPB and KPK. Process execution study determine FPB and KPK done simply namely the direct teacher give how way of determining FPB and KPK. The Process done by without there is something that draw for student, so that result of learning the student still less. Pursuant to result to flashback from process of study of mathematics specially at items of FPB and KPK during the time still meet some constraint that is : (1) source learn to base on teacher; (2) belum/tidak put in the way of student to enquire; (3) asking for student to reply question exist in book of packet about taught items (4) less pay attention to student enthusiasm; (5) study only the centre on learn and election of substance teach solely relied on a packet book. At activity of study of activity of teacher experience of improvement from cycle of I and cycle II. At cycle of I of activity of teacher reach 69,6% and  cycle of II of activity of teacher reach 89,3%. While activity of student at cycle of I reach 63,8% and cycle of II of activity of student reach 85%. Data of result of tes student at cycle of I reach 63,9% and cycle of II reach 88,9%. the Iesson alloted by sheet of enquette to know respon student. percentage of Enquette reach 90%. From inferential the result that applying model study of co-operative of type of STAD can improve result learn student at items of factor biggest federation and fold of smallest federation. at subject of mathematics of class of V SDN Komplek Kenjeran II Surabaya.

Keyword : Model Study of Co-Operative of type STAD, factor biggest federation and fold of smallest federation

Published
2013-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 43