PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN NGAGEL REJO III/398 SURABAYA

  • Augustin Diah Ayu Pusfandari

Abstract

Abstrak : Tugas utama seorang guru adalah bertanggung jawab membantu anak didik dalam hal belajar. Dalam proses belajar mengajar, gurulah yang menyampaikan pelajaran, memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam kelas, membuat evaluasi belajar siswa, baik sebelum, sedang maupun sesudah pelajaran berlangsung. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah Penelitian ini berdasarkan permasalahan:  (1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam penerapan model  pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa  kelas III  SDN Ngagel Rejo III/398 Surabaya? (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa dalam penerapan model  pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa  kelas III  SDN Ngagel Rejo III/398 Surabaya? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan model  pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa  kelas III  SDN Ngagel Rejo III/398 Surabaya?.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model  pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa  kelas III  SDN Ngagel Rejo III/398 Surabaya. (2)Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam penerapan model  pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa  kelas III  SDN Ngagel Rejo III/398 Surabaya. (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan model  pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa  kelas III  SDN Ngagel Rejo III/398 Surabaya. Dari hasil analisis didapatkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran langsung  proses pelaksanaan pembelajaran Matematika berjalan aktif dan keaktifan siswa semakin aktif. persentase ketuntasan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (65,71%), siklus II (94,29%) . Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran langsung berdampak positif terhadap keaktifan  siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika, sehingga model pembelajaran ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, hasil belajar Matematika

 

 

Abstract :A Teacher primary duty is to help students on learning process. A Teacher is a person who teaching lesson , solving the problems in class, making evaluation before the learning process, during the learning process and after the learning process.the problems which are going to be observed in this research : (1) Teacher’s Activities on The  application of direct learning method to increase mathematic learning outcomes of the 3rd grade students at SDN Ngagelrejo III/398 Surabaya?  (2) Students activities on The  application of direct learning method to increase mathematic learning outcomes of the 3rd grade students at SDN Ngagelrejo III/398 Surabaya? (3) learning outcomes of The  application of direct learning method to increase mathematic learning outcomes of the 3rd grade students at SDN Ngagelrejo III/398 Surabaya?. The purpose of this research are : (1) to describes Teacher’s Activities on The  application of direct learning method to increase mathematic learning outcomes of the 3rd grade students at SDN Ngagelrejo III/398 Surabaya  (2) to describes Students activities on The  application of direct learning method to increase mathematic learning outcomes of the 3rd grade students at SDN Ngagelrejo III/398 Surabaya?  (3)  to describes learning outcomes of The  application of direct learning method to increase mathematic learning outcomes of the 3rd grade students at SDN Ngagelrejo III/398 Surabaya?.After the research, we analyze that the application of direct learning method is increasing the mathematic learning activity and the student activity. Increasing percentage of learning outcomes are 65,71 % in 1st cycle and 94,29 % 2 nd cycle.The conclusion of this research is the application of direct learning method gives positive impact to students activity and mathematic learning outcomes so this learning method can be used as alternative method to increase students learning outcomes in the learning process.

Keywords : Direct learning Method, Math learning outcomes

Author Biography

Augustin Diah Ayu Pusfandari
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 404