PENERAPAN MEDIA PETA PIKIRAN OBJEK WISATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR

  • Ayu Windar Agustine

Abstract

Abstrak: Hasil pengamatan pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran memperoleh keterlaksanaan sebanyak 100 %. Perolehan ini dikategorikan istimewa atau maksimal. Nilai ketercapaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 77,33 dengan kategori baik, dan pada siklus II memperoleh nilai 84,6 dengan kategori amat baik. Sedangkan hasil keterampilan berbicara yang tuntas juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil berbicara siswa menceritakan kembali informasi dengan penerapan media peta pikiran objek wisata pada siklus I adalah 70,92 dan persentase ketuntasan klasikalnya mencapai 73,07% dengan kategori baik. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil berbicara siswa yang tuntas meningkat menjadi 82,88 dan persentase nilai ketuntasan klasikalnya juga meningkat menjadi 96,15% dengan kategori amat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media peta pikiran sangat efektif dan cocok bila digunakan untuk pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara dalam menceritakan kembali informasi. Berdasarkan penjelasan di atas dapat dinyatakan bahwa penerapan media peta pikiran objek wisata dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Jeruk II/470 Surabaya. Dengan demikian, disarankan kepada guru untuk memanfaatkan media peta pikiran sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Kata Kunci: Media Peta Pikiran, keterampilan berbicara.

 

Abstract: Research result on first and second cycle indicated that the learning process got 100% achievement percentage. It was incredible achievement. The score on first cycle reach 77,33 in good category and on second cycle up to 84,6 in very good category. Meanwhile, classical learning completeness of speaking comprehension result by applying of Mind Map experience improvement is increasing. On the first cycle reach 70,92 and the completeness classical score 73,07% on second cycle up to 82,88 and  the completeness classical score increased to 96,15%  and it included very good category. It indicated that the application of Mind Map was very effective and suitable for Indonesian Language subject especially the speaking skill in retell the information. Based on the explanation above, it can be stated that the application of Mind Map is able to improve the reading comprehension skill of the student in Class IV of Jeruk II/470 Elementary School Surabaya. Thus, it is suggested to the teachers that the application of Mind Map could be an alternative to improve the reading comprehension skill.

Keywords: Mind Map Media, speaking skill.

Author Biography

Ayu Windar Agustine
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 40