PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TEMA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Ayyuna - Febriyanti

Abstract

Abstrak: Pendidikan merupakan kegiatan mengoptimalkan perkembangan potensi, kecakapan dan karakteristik pribadi peserta didik. Berdasarkan hasil observasi  yang dilakukan pada kelas III SDN Jatirejo Jombang belum dapat dikatakan memenuhi ketuntasan belajar klasikal. Sedangkan pembelajaran dikatakan telah memenuhi ketuntasan belajar apabila siswa memperoleh nilai 7,35. Hal ini disebabkan guru yang kurang menarik dalam memberikan materi, serta sulitnya pemahaman yang ditangkap siswa terhadap materi yang bersifat menghafal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together selama pembelajaran serta solusinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari beberapa tahap. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan  tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 64,58 menjadi 85,83 pada siklus ke II. Untuk aktivitas siswa memperoleh nilai sebesar 74,43 pada sisklus I dan naik menjadi 92,04 pada siklus II.  Peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 67,67, siklus II sebesar 80. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran klasikal  pada siklus  I  rata-rata  39%  dan pada siklus  II  mendapatkan  rata-rata  92,86%.

Kata Kunci: Pendidikan, kooperatif, NHT, hasil belajar.

 

 

Abstract: Education is an activity to optimize development potential, skills and personal characteristics of learners. Based on observations carried out at the grade III Jatirejo state elementary school Jombang can’t achieve classical minimum completeness criteria. While learning process otherwise comply with mastery learning when students get 7.35. This is because the learning process is less attractive and the difficulty of understanding the material that is memorized. The purpose of this research was to describe the activities of teachers and result learning of students by applied cooperative learning model numbered heads together and solution. This study used Classroom Action Research (CAR) design which has 2 cycles and each cycle consists of several stages. Data collection techniques of this research used observation and tests. The collected data were analyzed by using descriptive qualitative and quantitative analysis. Teacher activities on the first cycle of 64.58 into 85.83 in second cycles. Student activities reached 74.43 first cycle and increase to 92.04 in the second cycle. Improving result learning of students and average of score ​​reached in the first cycle of 67.67, the second cycle of 80. Moreover, the results of this research also showed an increase classical learning in the first cycle with average of 39 % and  92.86 % on the second cycles.

Keywords: Education , cooperative , NHT , outcomes learning.


 

Author Biography

Ayyuna - Febriyanti
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 28