PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS II SDN JAJAR TUNGGAL I SURABAYA

  • Darita - Candasari

Abstract

Abstrak : Latar belakang penelitian ini yaitu belum terlaksanya pembelajaran tematik dan belum tercapainya nilai KKM karena ketidaktepatan guru menggunakan metode dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah metode ceramah. Sesuai dengan latar belakang di atas perlu adanya pemecahan masalah yaitu penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN Jajartunggal I Surabaya pada pembelajaran tematik setelah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan diskriptif  kualitatif. Dilakukan dalam 3 siklus  dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Jajartunggal I/450 Surabaya yang berjumlah 30 siswa dengan 17 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I 53,33%, siklus II 66,67%, dan siklus III 86,7%. Aktivitas siswa selama prose pembelajaran dengan prosentase rata-rata pada siklus I 67,33%, siklus II 72%, siklus III 82,66%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 74,5  dengan ketuntasan belajar 46,7%, siklus II 83,5 dengan ketuntasan belajar 76,7%, dan siklus III 89,17  dengan ketuntasan belajar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Jajartunggal I Surabaya. Model pembelajaran Numbered Together dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari karena selama pembelajaran dengan kelompok saling bekerja sama dan bertanggung jawab pada kelompoknya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, Hasil Belajar, dan Tematik.

Abstract: The background of this research is not yet carried out thematic learning and achievement of the Minimum Completensi Criteria  due to inexact methods teachers use in the learning process . The method used by teachers in teaching is the lecture method . In accordance with her above background that the need for the application of problem-solving learning model Numbered Head Together on thematic learning . The purpose of this study was to determine the increase in class II student learning outcomes elementary school Jajartunggal I Surabaya on thematic learning after implementing cooperative learning Numbered Head Together . This research is a class act qualitative descriptive approach . Performed in three cycles and each cycle consisting of planning , implementation, , observation , and reflection . Subjects in this study were second grade students of elementary school Jajartunggal I/450 Surabaya consisting of 30 students with 17 males and 13 females . Data collection techniques using methods of observation and achievement test . The results showed that the percentage of teacher activity increased 53.33 % from the first cycle , the second cycle of 66.67 % , 86.7 % and third cycle. Activities of students during the learning prose with the average percentage 67.33 % in the first cycle , second cycle 72 % , 82.66 % the third cycle . While the average student learning outcomes in the first cycle with mastery learning 74.5 46.7 % , 83.5 second cycle mastery learning with 76.7 % , and the third cycle 89.17 with 90% mastery learning . It can be concluded that the model of learning Numbered Head Together to improve student learning outcomes class II elementary school Jajartunggal I Surabaya . Together Numbered learning model can improve students' understanding of the material being studied because during learning with group work together and take responsibility in the group .

Keywords : NHT Model Learning , Learning Outcomes , and Thematic .

Author Biography

Darita - Candasari
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 51