PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

  • Devi Dwi Wijayanti

Abstract

 

Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah meningkatkan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan teknik analisis data kuantitatif. Dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jajartunggal I/450 Surabaya. Pengumpulan data dibantu oleh dua orang pengamat yaitu guru kelas IV dan teman sejawat dengan menggunakan lembar aktivitas guru dan siswa serta lembar penilaian untuk siswa. Data ini didapatkan melalui pengamatan kelas ketika proses pembelajaran dan hasil belajar IPA setelah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 7,82% dari rata-rata skor ketercapaian sebesar 77,34% pada siklus I menjadi 85,16% pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 8,6% dari rata-rata skor ketercapaian 77,34% pada siklus I menjadi 85,94% pada siklus II. Aktivitas guru dan siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan peneliti dengan kriteria baik sekali. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 35% dari 55% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema lingkungan di kelas IV SDN Jajartunggal I/450 Surabaya.

Kata Kunci : NHT (Numbered Heads Together), hasil belajar, IPA

 

 

Abstract: The purposes of this research are to increase the activities of teacher and students, and increase in students learning result by applicated Cooperative Learning Type NHT (Numbered Heads Together). This research use action research design which consisted of two cycles with analyzed of data quantitatively. The research is done with three phases, they are planning, implementation and observation, and reflection. The subjects of this research are fourth-grade students of SDN Jajartunggal I/450 Surabaya. The data collected by two observers, they are teacher of fourth grade and researcher’s friend by used student and teacher observation activites and evaluation test which done by students. The data is got by observation of class when learning process and students learning result of science after learning process with applicated Cooperative Learning Type NHT (Numbered Heads Together). The results of this research showed that teacher activites increase 7,82%,  from 77,34% in the first cycle, become 85,16% in second cycle; the students activities increase 8,6%%, from 77,34% in the first cycle, become 85,94% in second cycle; and students learning result increase 35%, from 55% in the first cycle, become 90% in second cycle. The conclusion of this research were application of Cooperative Learning Type NHT(Numbered Heads Together can increase students and teachers activities, and increase students learning result of science in fourth grade Jajartunggal I/450 Surabaya.

Keywords: Cooperative Learning Type NHT, students learning result, science

Author Biography

Devi Dwi Wijayanti
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 69