PEMBALAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN KELUARGA

  • Dharu Kartika Wati

Abstract

Abstrak: Artikel ini memuat konsep pembelajaran tematik, suatu bentuk kurikulum yang mengaitkan  kehidupan siswa dalam desain pembelajaran  terpadu,  sebagai usaha pemecahan masalah. Tindakan kelas mengunakan  model pembelajaran role playing, yang berpotensi sebagai pembelajaran yang  menyenangkan dan berpusat pada siswa, melatih berfikir kritis, tidak didominasi oleh guru, sehingga hasil belajar siswa diharapkan meningkat. Hasil belajar siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah dapat teratasi. Tegasnya, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, serta peningkatan hasil belajar siswa setelah melalui model pembelajaran role playing. Desain  yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang  direncanakan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan-pengamatan, dan  refleksi. Subyek penelitiannya adalah seluruh siswa dan guru kelas II SDN Manukan Wetan IV Surabaya. Data  yang digunakan  adalah deskriptif kualitatif dan kuantitaif, bersumber hasil observasi aktivitas guru dan siswa saat kegiatan belajar, dan data tes  tertulis hasil belajar siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa role playing meningkatkan aktivitas guru sebesar 20% dari 73%  pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan 23% dari 63% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Sedangkan  ketercapaian belajar siswa adalah sebagai berikut ; data awal pra penelitian terdapat sebanyak 15 siswa nilai hasil belajarnya 60, dari jumlah 26.  Melalui pembelajaran role playing hanya dua siswa yang  mendapat nilai 65, sedangkan kriteria ketuntasan minimal nilai siswa70. Nilai maksimal 100 dicapai oleh enam  siswa. Berdasarkan  hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing pada tema lingkungan keluarga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga kriteria ketuntasan minimal dapat terpenuhi.

Kata Kunci: pembelajaran tematik, model pembelajaran role playing, hasil belajar

Abstract: This article contains the concept of thematic learning, a form of curriculum that links the lives of students in the design of integrated learning, as a problem-solving effort. Class action with role-playing application of learning models, the potential for fun learning and student-centered, practice to think critically, not was dominated teacher, so that student learning outcomes are expected to increase. Learning outcomes below the minimum standard criteria of school provision can be resolved. In firmly, the purpose of this study is to describe of students and teacher activities, as well as improving student learning outcomes after implementation of playing-role model. The design is classroom action research in  two cycles planned. Each cycle consists of three phases: planning, action with observation, and reflection. Subjects of the study were all students and teachers second grade SDN Manukan Wetan IV Surabaya . The data used is the qualitative and quantitative descriptions, the observations source  when the activity of students and teacher in learning, and  test data of student learning outcomes. Results of analysis proved that role-playing can be a 20% increase in the activity of teacher, the previous cycle at 73% to the 93% increase in the second cycle. Activities of students has increased 23% in the previous cycle  63% to the 86% in the second cycle . While student achievement is as follows; initial data pre-study, learning outcomes in the score 60 was obtained 15 students, from 26 persons. Through role-playing model to applied only two person gets the value 65, the provisions of the minimum completeness criteria of score in 70. The maximum value of 100 is achieved by six students . Based on the obtained results it can be concluded that the application of the learning model of role playing on the theme of the family environment can improve student learning               outcomes.

Keywords : thematic learning , role playing model of learning , learning outcomes

Author Biography

Dharu Kartika Wati
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 41